Pengaruh pH Air Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pengaruh pH Air Terhadap Pertumbuhan Tanaman –  Kadar pH air yang baik untuk pertumbuhan tanaman yaitu sama dengan 7 atau netral, contohnya yaitu tanaman kacang kedelai. Pertumbuhan tanaman kacang kedelai akan pesat apabila disiram dengan air sumur karena air sumur mengandung mineral yang tinggi.

pengaruh-ph-air-terhadap-pertumbuhan-tanaman

Pada pH asam tanaman mengalami kekurangan nutrisi dan terkena racun logam sehingga daun tanaman mejadi pucat dan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat yang disebabkan ketersediaan unsur penting seperti fosfor dan nitrogen yang kurang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman yaitu:

1.Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar tubuh tanaman tersebut seperti lingkungan / ekosistem. Yang termasuk faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman yaitu:

a.Air

Air adalah unsur yang paling dibutuhkan agar tanaman dapat melakukan proses fotosintesis. Air juga berfungsi untuk menjaga kelembaban tanaman, membentuk perkecambahan pada biji, dan mengaktifkan reaksi enzim enzimatik.

b.Makanan

Makanan adalah sumber energi agar dapat mensintesis berbagai komponen sel. Selain itu pertumbuhan tanaman juga membutuhkan beberapa unsur mineral.

c.Suhu

Pertumbuhan tanaman memerlukan suhu yang berbeda-beda sesuai jenis tanamannya.Suhu yang membuat tanaman mengalami pertumbuhan pesat disebut suhu optimum. Suhu terendah yang masih membuat tanaman tumbuh disebut suhu minimum. Suhu tertinggi yang membuat tanaman tumbuh disebut suhu maksimum.

d.Kelembaban

Kelembaban memiliki pengaruh terhadap berbagai tumbuhan. Apabila udara dan tanah lembab maka akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi baik.

e.Cahaya

Walaupun cahaya menghambat pertumbuhan tanaman menjadi tinggi karena cahaya menguraikan auksin. Namun cahaya sangat dibutuhkan oleh tanaman apalagi cahaya matahari, karena cahaya matahari membantu proses fotosintesis.

2.Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh tanaman tersebut seperti hormon dan gen.

a.Hormon

Hormon berfungsi untuk membawa pesan kimiawi antar sel maupun antar kelompok sel. Hormon sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Contoh yang termasuk hormon yang membantu pertumbuhan pada tanaman yaitu: gas etilen,  giberelin, kalin, asam absisat, asam traumalin dan lain-lain.

b.Gen

Gen adalah unit yang mewariskan sifat terhadap organisme hidup. Setiap makhluk hidup pasti mempunyai gen yang berbeda-beda satu sama lain. Suatu lokasi tertentu pada gen yang berkaitan dengan pewarisan sifat dan dikaitkan dengan fungsi sebagai pengendali, sasaran transkipsi adalah batasan modern gen.

Agar anda mengetahui berapa kadar pH air tanaman yang anda tanam,anda bisa menggunakan pH meter. Jika anda ingin menggunakannya, anda bisa membelinya di toko alat ukur atau perusahaan yang jual pH meter.

Salah satunya yaitu di CV JAVA MULTI MANDIRI yang menyediakan pH meter dengan kualitas yang bagus dan terpercaya. Jika anda berminat anda bisa membelinya secara offline maupun secara online.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s