Pengaruh pH Terhadap Air Sungai

Pengaruh pH Terhadap Air Sungai – PH merupakan derajat keasaman yang digunakan untuk mengukur nilai keasaman atau kebasaan dari suatu cairan sehingga kita mampu mengetahui kelayakan dari cairan tersebut. Air merupakan komponen yang sangat penting bagi semua  makhluk hidup yang ada didunia ini termasuk ikan. Pada umunya perairan alami mempunyai pH sekitar  6 sampai 9. Ikan dapat beradaptasi dengan air sungai yang memiliki pH sekitar 5 sampai 9.

pengaruh-ph-air-terhadap-ikan-lele

Aspek – aspek yang diukur pada air sungai yaitu :

  1. Aspek biologi.
  2. Aspek kimia.
  3. Aspek fisika.

Jadi kita perlu mengukur pH air pada sungai agar kita mampu mengetahui kualitas air pada sungai tersebut. Karena apabila jumlah pH yang ada pada sungai masih normal berarti kehidupan yang ada didalamnya masih terjaga dengan baik. sehingga kita mampu memanfaatkan air sungai untuk kehidupan sehari-hari.

Dampak perubahan pH pada air sungai yaitu :

  • Tingginya kandungan ammoniak  sehingga kulitas air terganggu.
  • Ikan  mudah terkena penyakit.
  • Metabolisme ikan yang terganggu.
  • Pertumbuhan ikan yang  tidak berkembang dengan baik.

Faktor yang mempengaruhi tinggi atau rendahanya pH suatu sungai yaitu :

  • proses dekomposisi pada bahan organik yang ada pada  dasar sungai.
  • Konsentrasi garam – garam bikarbinat dan karbonat.
  • Konsentrasi gas – gas dalam air sungai.
  • Sinar matahari
  • Suhu.
  • Fotosintesis.

Kadar karbon dioksida yang masih dapat ditoleran yaitu sekitar 9 sampai 100 ppm.Tingkat alkalintas yang dibutuhkan air  sungai yaitu sekitar 80 sampai 250 ppm. Ketersediaan unsur -unsur yang dibutuhkan  air sungai dipengaruhi oleh jumlah pH yang ada pada air sungai tersebut. Jika kita ukur pH air sungai namun hasilnya rendah berarti air sungai tersebut bersifat asam tetapi sebaliknya jika hasilnya tinggi berarti air sungai tersebut bersifat basa. Ikan yang berenang dengan cepat menandakan bahwa air sungai tersebut telah mengalai perubahan jumlah pH.

Selain penting bagi kehidupan ikan,air disungai juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi maupun untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari. Jadi selain memakai kita juga harus menjaga sungai dengan jangan membuang sampah sembarangan disungai. Maka kita perlu mengukur pH pada air sungai jika air sungai memiliki jumlah pH yang tidak normal maka kita tidak dapat memakai air sungai tersebut untuk dikonsumsi karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan keracunan.

Agar pengukuran dapat dilakukan dengan hasil yang akurat maka kita perlu mengukurnya dengan pH meter. Karena sudah banyak toko alat ukur yang menjual pH meter maka kita dapat membelinya dengan mudah. Namun jika anda mendapatkan pH meter  termurah maka anda perlu memastikan bahwa pH meter tersebut memiliki garansi dan kualitas  baik. Di CV Java Muti Mandiri juga  menyediakanya dengan berbagai spesifikasi dan dengan pelayanaan yang menyenangkan serta memuaskan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s