Dampak Pencahayaan Yang Buruk Di Tempat Kerja

Dampak Pencahayaan Yang Buruk Di Tempat Kerja – Pencahayaan adalah salah satu faktor untuk mendapatkan keadaan lingkungan yang aman dan nyaman yang berkaitan erat dengan produktivitas manusia.

Dampak Pencahayaan Yang Buruk Di Tempat Kerja

Menurut Kepmenkes No. 1405/MENKES/SK/XI/2002, pencahayaan adalah jumlah penyinaran yang terdapat pada suatu bidang kerja yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif.

Pencahayaan yang baik memungkinkan orang dapat melihat objek yang dikerjakannya secara jelas. Menurut sumbernya, pencahayaan dapat dibagi menjadi :

1.Pencahayaan alami.

Pencahayaan alami merupakan sumber pencahayaan yang bersumber dari sinar matahari. Sinar alami memiliki banyak keuntungan, selain menghemat energi listrik juga mampu  membunuh kuman.

Untuk memperoleh pencahayaan alami pada suatu ruang diperlukan jendela yang besar ataupun dinding kaca sekurang-kurangnya 1/6 daripada luas lantai. Sumber pencahayaan alami terkadang dirasa kurang efektif dibanding dengan penggunaan pencahayaan buatan,  karena intensitas cahaya yang tidak tetap.

sumber alami menghasilkan panas terutama saat siang hari. Faktor yang perlu diperhatikan agar penggunaan sinar alami mendapat keuntungan, yaitu:

  • Variasi pada intensitas cahaya matahari
  • Distribusi dari terangnya cahaya matahari
  • Efek dari lokasi, pemantulan cahaya, dan jarak antar bangunan
  • Letak geografis dan kegunaan bangunan gedung

2.Pencahayaan Buatan

Pencahayaan buatan merupakan pencahayaan yang dihasilkan oleh sumber cahaya selain dari cahaya alami. Pencahayaan buatan sangat diperlukan pada posisi ruangan sulit dicapai oleh pencahayaan alami atau saat pencahayaan alami tidak mencukupi lagi.

Menurut trijinx.com kualitas pencahayaan dikategorikan ke dalam beberapa jenis, yaitu :

1.Brightness Distribution

Menunjukkan jangkauan dari luminasi dalam  setiap daerah penglihatan. Suatu rasio kontras yang tinggi diinginkan untuk penerimaan yang detil, variasi yang berlebihan dari luminansi dapat mengakibatkan timbulnya masalah.

Mata menerima cahaya utama yang sangat terang, sehingga menyebabkan mata menjadi sulit untuk memeriksa dengan cermat objek-objek yang lebih gelap didalam suatu daerah yang terang.

Perbandingan terang cahaya dalam daerah kerja utama, difokuskan sebaiknya tidak lebih dari 3 sampai 1. Untuk membantu memelihara pada daerah pusat ini, cahaya terang rata-rata seharusnya sekitar 10 kali lebih besar dari latar belakangnya.

2.Glare atau Silau

Cahaya yang silau terjadi ketika cahaya yang berlebihan mengenai mata. Cahaya yang silau dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu :

  •   Cahaya menyilaukan yang tidak menyenangkan (Discamfort Glare)

Cahaya ini mengganggu, tapi tidak menyebabkan gangguan yang terlalu fatal terhadap penglihatan, tetapi cahaya ini akan meyebabkan meningkatnya tingkat kelelahan dan dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian kepala.

  • Cahaya menyilaukan yang mengganggu (Disability Glare)

Cahaya ini apabila terkena mata secara berkala mampu mengganggu penglihatan dengan adanya penghamburan cahaya yang ada didalam lensa mata. Orang lanjut usia kurang bisa untuk menerima cahaya seperti ini.

3.Shadows (Bayang-bayang)

Bayang-bayang tajam (sharp shadows ) adalah akibat dari sumber cahaya buatan (artificial) yang kecil atau dari cahaya yang berasal dari cahaya matahari langsung. Kedua sumber mampu mengakibatkan rasio terang yang berlebihan pada jangkauan penglihatan, detil penting yang tidak terlalu jelas.

4.Background

Latar belakang sampai kedaerah kerja utama, setidaknya harus dibuat sesederhana mungkin. Latar belakang yang kacau atau latar belakang yang memiliki beberapa perpindahan sedapat mungkin dihindari, dengan menggunakan sekat.

Apabila ingin  mengukur intensitas cahaya pada suatu tempat, dapat anda ukur dengan lux meter. Jika anda ingin mengetahui tentang berbagai spesifikasi, jenis, dan warna lux meter anda dapat membuka  trijinx.com. Di website ini menjual lux meter dan berbagai alat ukur lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s