Kualitas Air Isi Ulang

Kualitas Air Isi Ulang – Air merupakan sebuah unsur yang ada di bumi yang sangat vital bagi semua makhluk hidup bahkan air sendiri merupakan sumber kehidupan. Bagi manusia air sendiri merupakan kebutuhan pokok untuk kebutuhan konsumsi dan semakin hari kebutuhan akan air minum ini semakin meningkat. Air minum ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Kualitas Air Isi Ulang

Air yang layak dikonsumsi adalah air yang bersih dan higienis yang bebas dari kuman dan bakteri. Syarat air minum yang paling mudah untuk diketahui adalah tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Gunakanlah alat uji kualitas air untuk mengetahui secara jelas kualitas air yang diuji.

Sedangkan untuk penelitian adalah air tersebut tidak mengandung zat atau logam berbahaya dan juga tidak mengandung mikroorganisme pembawa penyakit. Air minum yang memenuhi persyaratan kesehatan yang bisa langsung diminum adalah air yang melalui pemrosesan atau tanpa pemrosesan sehingga layak dikonsumsi.

Air yang berasal dari alam bila tidak tercemar zat yang berbahaya dan tidak mengandung bakteri yang berbahaya maka air tersebut dapat langsung diminum. Cara alami untuk menghilangkan atau membunuh bakteri yang ada dalam air adalah dengan merebusnya hingga suhu 100 derajat celcius, namun hal ini tidak dapat menghilangkan kandungan logam berat di dalamnya.

Apabila semakin banyak bahan pencemar yang masuk ke dalam air maka semakin buruk pula kualitas air tersebut dan semakin tidak layak untuk dikonsumsi. Saat ini untuk mendapat air minum sudah sangatlah mudah, karena sekarang sudah terdapat banyak depot air minum isi ulang.

Depot air minum isi ulang ini sudah banyak terdapat di kota maupun pedesaan. Jika Anda merupakan konsumen dari air minum isi ulang ini maka Anda perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan air minum isi ulang ini, yaitu :

Kelebihan Air Minum Isi Ulang :

  • Murah dalam harga, seperti harga AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)
  • Dalam mendapatkannya sangat mudah
  • Kualitasnya sudah memenuhi standar Departemen Kesehatan walaupun tidak semua sudah memenuhi syarat tersebut. Kualitas tersebut sangat dipengaruhi oleh kualitas sanitasi, mesin dan bahan baku air

Kekurangan Air Minum Isi Ulang :

  • Pengawasan dan pembinaan yang lemah menjadikan kualitas air minum ini cenderung tidak konsisten
  • Kesalahan dalam proses produksi relatif tinggi, terutama yang berhubungan dengan bahan baku air yang dipilih, pemilihan alat dan sanitasi
  • Peraturan tentang jasa pengisian air minum isi ulang ini tidak jelas. Hal ini berhubungan dengan kualitas produksi yang mengakibatkan perlindungan hukum secara khusus pada konsumen jika terjadi kasus tidak ada
  • Proses pengemasannya masih menggunakan teknologi yang sederhana, hal ini akan memungkinkan air terkontaminasi bakteri

Sudah banyak ditemukan banyak sampel air minum isi ulang yang mengandung bakteri, meskipun hal ini tidak menimbulkan penyakit secara langsung namun ini jelas mengindikasikan bahwa proses pengolahan kurang dari segi salinitas.

Bakteri patogen yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan kontaminasinya akan semakin tinggi apabila tingkat kontaminasi bakteri juga semakin tinggi. Adanya bakteri ini dapat disebabkan dari sumber air minum ini sendiri yang sudah terkontaminasi ataupun dari proses penyinaran sinar ultraviolet yang kurang memadai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s