Jenis-Jenis Cat

Jenis-Jenis Cat – Cara yang paling umum digunakan untuk memperindah atau mempercantik tampilan dinding ruang adalah menggunakan cat warna. Selain cara menerapkannya atau menggunakannya lebih praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama, menggunakan cat dinding juga tidak memerlukan dana yang besar.

cat

Masalah yang sering terjadi dalam menggunakan cat dinding adalah para pengguna tidak mengetahui bahwa sebenarnya jenis cat itu bermacam-macam. Masing-masing dari jenis cat tersebut memiliki teknik cara penerapan yang berbeda-beda.

Ada cat dinding dengan jenis Flat. Jenis flat ini sangat cocok digunakan pada dinding permukaan yang tidak begitu sempurna. Tempat yang cocok untuk menggunakan cat jenis flat ini adalah bagian langit-langit dan plafon.

Jika ingin menggunakn jenis flat untuk memberi warna pada dinding ruang, maka ruangan yang pas adalah ruang makan, ruang tamu dan kamar tidur.

Cat jenis flat ini tidak cocok untuk memberi warna dinding kamar mandi dan dapur. Karena jika sudah terkena kotoran maka proses pembersihannya sangat sulit untuk dilakukan.

Kelebihan dari jenis flat ini adalah jika kita ingin mengganti warna lainyya makan cat sebelumnya tidak perlu dikeruk atau dilepaskan. Jadi bisa langsung digunakan atau ditumpuk.

Jenis selanjutnya adalah jneis Eggshell, jenis ini sebaiknya tidak digunakn pada dinding atau ruangan yang sering dilewati orang. Karena cat ini mudah mengelupas atau lecet. Kelebhan dari cat ini adalah jika kotor akan mudah dibersihkan dan jika ingin melakukan pengecetan lagi hanya cukup ditumpuk saja.

Ruangnan  yang paling bagus menggunakn cat jenis eggshell adalah kamar tidur dan ruang tamu. Sebab dua ruangan ini jarang dilalui oleh orang, sehingga terjadinya pengelupasan atau lecet bisa di minimalisir.

Jenis selanjutnya adalah jenis Semigloss. Ciri yang paling menonjol adalah tampilan cat tersebut akan terlihat mengkilap apabila sudah kering. oleh karena itu cat ini sangat cocok digunakan untuk memberi warna pada lis dinding atau molding karena bisa menghasilkan karakter yang kuat. Kelebihan lain dari jenis ini adlah tidak mudah lecet dan lahan terhadap lembab.

Jika digunakn untuk mengecet dinding, ruangan yang cocok adalah dapur dan kamar mandi. Karena jika terkena kotoran mudah dibersihkan dan cat jenis ini juga tahan lama.

Akan tetapi kelemahan cat jenis ini adalah apabila ingin mengecet ulang maka harus dikeruk atau dilepas terlebih dahulu. Apabila tidak dilepas maka tampilan mengkilapnya akan sangat berbeda dan akan mengurangi nilai keindahan.

Jenis yang satu ini jarang digunakan untuk memberi warna pada dinding, yaitu jenis Gloss. Karena jenis ini tampilannya terlalu mengkilap. Sehingga apabila terkena sinar dan pantulannya akan membuat mata menjadi silau.

Selama ini jenis gloss digunakan untuk mengecat pada dinding bidang yang kecil seperti list, kayu atau modling. Selain itu permukaan yang akan dicat harus benar-benar halus dan rata. Jika ada cacat sedikit saja, maka cacat tersebut makin terlihat nyata.

Kelebihan dari jenis gloss ini adlah tahan lama dan apabila terkena kotoran mudah untuk dibersihkan. Kekurangannya adalah apabila ingin mengecat ulang maka harus dikeruk atau dihilangkan terlebih dahulu.

Bagi anda yang ingin mengecat permukaan dinding ruangan maka sebaiknya anda harus mengetahui seberapa tebal cat tersebut, sehingga akan membuat dinding ruangan tersebut lebih indah dipandang dengan teknik pengecatan yang pas. Tidak terlalu tebal dan tipis.

Alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan cat adalah Coating Thickness Meter. Alat ini sangat tepat digunakan untuk mengukur ketebalan cat atau bahan lainnya. untuk mendapatkan cat ini anda bisa mengunjungi website Alat Ukur Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s