Alat Pengukur Kadar Garam

Alat Pengukur Kadar Garam – Salah satu dasar dari bidang kelautan adalah sanilitas air laut. Salinitas sendiri biasa diartikan dengan kadar garam pada air laut, walaupun begitu tidak tepat karena sebenarnya ada perbedaan antara keduanya. Sanilitas adalah tingkat dari kadar garam pada air. Sanilitas bisa juga terdapat pada kandungan garam dalam tanah. Pada semua perairan sebenarnya memiliki sanilitas berbeda, sebagian besar kandungan garam terdapat pada sungai, danau, aquarium dan saluran air lainnya dan tempat tersebut bisa dikategorikan sebagai air tawar.

Kandungan garam pada air tawar sebenarnya kurang dari 0,05ppt (part per thousand). Jika lebih dari itu maka akan dikategorikan sebagai air payau dan konsentrasinya sekitar 3-5 ppt, jika melebihi batas 3-5 maka disebutlah air laut.

garam.JPG

Kadar garam pada air sebenarnya sudah bisa diukur dengan alat yang bernama salinity meter, salinity meter sudah banyak dijual diberbagai toko online maupun offline yang menjual alat ukur. Alat Ukur Indonesia contohnya situs jual alat ukur terpercaya yang menjual alat ukur dan tester dengan kualitas terbaik serta adanya garansi serta harga yang kompetitif.

Air laut umumnya memiliki kandungan garam 3,5 ppt. Beberapa danau garam didaratan dan lautan memiliki kadar garam lebih tinggi dari air laut pada umumnya. Contohnya laut mati yang terletak di perbatasan yordania dan palestina yang memiliki kadar garam sekitar 30ppm.

Istilah pengukuran kadar garam pada air laut adalah halinitas. Didasarkan bahwa halida terutama klorida. Klorida merupakan anion yang paling banyak dari elemen yang terlarut. Pada oseanografi salinitas sendiri diartikan bukan dengan satuan %, tetapi satuan ppt (per seribu) dan jumlahnya sama dengan garam dalam satu liter larutan.

Sebelum tahun 1978, sanilitas atau hanilitas dinyatakan dengan satuan permil (‰) dengan dasar pada rasio konduktivitas elektrik sampel terhadap Copenhagen Water atau yang dinamakan air laut buatan yang bisa digunakan sebagai bahan standar laut dunia.

Dalam practical salinity units pada tahun 1978, oseanografer menyebutkan rasio konduktivitas sampel air terhadap larutan KCL standar. Rasio tersebut tidak memliki unit sehingga 35psu dinyatakan dengan 35 gram per liter larutan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s