Alat Ukur Kekentalan

Alat Ukur Kekentalan – Pada kehidupan sehari-hari pasti kita sering menemui zat cair yanga ada disekitar kita, dan kita pasti sering memahami beberapa cairan mengalir cepat dan ada juga yang mengalir dengan lambat. Pada pengukuran cairan dan kekentalan pasti tidak asing dengan kata viskositas. Metode dari viskositas sangat berhubungan dengan fase viskeus, dimana fase ini zat cair dan padat akan menjadi lembek dan sebelum berubah menjadi zat cair sebelum dipanaskan.

visk

Viskositas juga menjelaskan tentang masalah pada gesekan pada bagian cairan atau fluida pada umumnya, yang bergerak antara satu dan lainnya. Gesekan ini terjadi karena tarik-menarik molekul dengan lapisan lainnya. Gaya tersebut dinamakan elektrostatika atau gaya muatan listrik.

Viskositas bisa dengan mudah dipahami dengan meninjau suatu lapisan  tipis fluida yang ditempatkan pada dua lempeng logam yang memiliki bidang rata. Satu lempeng bergerak yang terletak diatas dan lempeng yang lainnya diam dan terletak dibawah. Fluida yang bersentuhan dengan lempeng akan ditahan oleh gaya adhesi antara molekul fluida dan molekul lempeng. Dengan begitu lapisan fluida yang bersentuhan dengan lempeng yang bergerak akan ikut bergerak juga. Sedangkan jika bersentuhan dengan lempeng terdiam akan terdiam juga.

Kekentalan merupakan sifat larutan yang berhubungan dengan hambatan yang akan mengalir, sedangkan jika semakin tinggi dari kekentalan maka hambatan yang ditimbulkan akan semakin besar juga. Kekentalan juga merupakan gaya yang diperlukan untuk menggerakan bidang datar pada kondisi tertentu jika ruang permukaan diisi cairan yang ditentukan kekentalannya.

Viskositas fluida merupakan gesekan lapisan fluida yang bergerak, atau benda yang bergerak pada fluida. Besar dari gesekan tersebut disebut derajat kekentalan cairan. Sedangkan jika viskositas semakin besar maka benda yang bergerak pada cairan akan semakin susah. Viskositas juga memiliki peran sebagai gaya kohesi antar partikel cair.

Viskosias fluida ini dapat diukur menggunakan alat yang bernama viskometer. Viskometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur viskositas atau kekentalan. Alat ini sudah banyak dijual diberbagai toko online maupun perusahaan yang menjual alat ukur dan tester. Alat Ukur Indonesia merupakan situs online terpercaya yang menjual berbagai alat ukur dan tester, disana menjual barang dengan kualitas terbaik serta adanya garansi serta harga yang kompetitif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s