Alat Pendeteksi Kebocoran Gas

Alat Pendeteksi Kebocoran Gas – Udara adalah campuran gas  pada permukaan bumi. Udara tidak dapat dilihat, tidak berbau dan tidak memiliki rasa. Kehadiran udara dapat ditandai dengan adanya angin yang menggerakan suatu benda. Udara merupakan jenis sumber daya alam besar yang dibutuhkan mahluk hidup.

gas detector.JPG

Pencemaran udara merupakan hadirnya substansi pada lapisan udara bumi dan sifatnya membahayakan bagi kesehatan seluruh makhluk dimuka bumi. Pencemaran udara biasanya timbul akibat kegiatan dari manusia.

Pencemaran udara sendiri bisa diukur menggunakan alat yang bernama gas detector. Gas detector merupakan perangkat yang dapat mendeteksi datangnya suatu gas pada suatu tempat. Alat ini kebanyakan digunakan sebagai peralatan keamanan. Gas detector menggunakan sistem kontrol otomatis yang berguna untuk memudahkan para pemakainya. Alat ini akan membunyikan fitur alarm jika terjadi kebocoran gas.

Maka dari itu gas detector sangat penting karena kita tidak pernah menduga kapan akan terjadi kebocoran gas. Alat ini sudah banyak dijual diberbagai toko online dan toko offline. Alat ukur indonesia contohnya situs yang menjual aat ukur dan tester dengan kualitas terjamin dan garansi serta harga kompetitif.

Dampak dari pencemaran udara biasanya mengakibatkan terjadi masalah sebagai berikut:

  • Menurunnya kualitas udara yang digunakan sebagai pernafasan makhluk hidup.
  • Menyebabkan terjadinya penyakit seperti ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut.
  • Menyebabkan keracunan yang diakibatkan pengikatan CO2 dari hasil pencemaran udara tersebut.
  • Berpotensi terjadinya penyakit kanker kulit, iritasi mata dan katarak.
  • Menyebabkan terjadinya hujan asam yang dikarenakan oleh oleh oksidasi dari belerang dan nitrogen hasil dari pembakaran batu bara.

Gas detector sendiri dapat mendeteksi gas mudah terbakar sampai gas beracun dan depleksi oksigen. Alat ini kebanyakan dipakai pada industri kilang minyak, karena untuk memantau proses manufaktur dan teknologi seperti photovoltaic, dan alat ini juga bisa digunakan oleh para pemadang kebakaran. Alarm pada alat ini akan berkedip sebagai tanda terjadinya kebocoran suatu gas dan melakukan pengukuran konsentrasi gas, sensor pada kalibrasi akan merespon sebagai tanda acuan atau skala kebocoran.

Alat ini dicipatkan untuk perangkat portable atau stasioner. Pada awalnya alat detector gas ini diciptakan untuk mendeteksi kebocoran gas tunggal saja. Dengan kemajuan jaman gas detector ini sudah dapat melakukan deteksi gas beracun atau gas yang mudah terbakar dan bahkan kombinasi dari kedua gas tersebut.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s