Alat Pengukur Getaran Mesin

Alat Pengukur Getaran Mesin – Gempa bumi ialah getaran yang begitu dahsyat dan terjadi di permukaan bumi karena pergesekan bumi atau pelepasan energi yang berasal dari dalam bumi secara tiba-tiba yang menghasilkan gelombang seismik.

mesin.PNG

Gempa bumi biasanya terjadi akibat pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Frekuensi yang berbeda pada suatu wilayah mengacu pada ukuran dan jenis gempa bumi yang terjadi di wilayah tersebut.

Alat yang digunakan untuk mengukur getaran gempa bumi ialah Seismometer, dan Seismograf adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan mencatat kekuatan gempa. Bencana alam ini merupakan bencana yang sangat banyak memakan korban.

Dengan skala richter yang begitu tinggi mampu membuat dampak getaran yang begitu dahsyat pula. Getaran yaitu pergerakan bolak-balik suatu benda terhadap satu titik.

Dalam kehidupan kita sudah mengenal kata getaran ini, seperti getaran badan yang kedinginan, getaran benda datar yang didorong, dan masih banyak getaran yang lainnya.

Getaran didalam lingkungan industri biasanya dirasakan oleh pekerja yang memakai alat berat, alat bor, alat yang memakai mesin, dan masih banyak alat yang lain.

Getaran sendiri dapat berakibat buruk hingga menyebabkan kelainan pada sistem saraf, kerusakan pada persendian, peredaran darah, dan tulang manusia.

Akibatnya getaran biasa dikatakan sebagai sesuatu yang berbahaya. akan tetapi jika dikerjakan secara berlebihan. Lalu, getaran seperti apakah yang aman bagi manusia.?Bagaimana cara kita untuk mengukur getaran yang sesuai.? pemecahannya yaitu Vibration Meter.

Vibration meter yaitu merupakan instrument alat uji getaran. Alat uji getaran yaitu seperangkat alat yang berfungsi untuk menentukan nilai getaran dari komponen mekanik sensor getar dari suatu mesin, baik dari reaksi gaya dalam (getaran yang berasal dari mesin tersebut) atau gaya luar (getaran yang berasal dari luar mesin atau sekitar mesin).

Alat Uji Getaran tersebut di website alat ukur indonesia merupakan salah satu produk yang berguna untuk mengukur suatu getaran, dimana getaran yang terjadi akan dieksekusi dan diukur dalam bentuk data pada alat tersebut.

Sehingga dapat diketahui jumlah data yang telah dicapai sampai objek yang di uji mencapai batas pengujian. Untuk menentukan standarisasi yang diinginkan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s