Cara Meningkatkan pH Tanah

Cara Meningkatkan pH Tanah – pH tanah ialah kandungan tingkat asam yang berada pada tanah dan pH tanah ialah faktor lain yang berpengaruh pada kondisi kesuburan tanah selain cara pengolahannya yang tidak sesuai atau salah. Kenyataannya tingkat keasaman tanah pada suatu wilayah akan berbeda dengan tanah di wilayah lainnya. Maka dari itu tingkat keasaman perlu diperhatikan karena jika peristiwa tersebut dibiarkan secara terus-menerus maka akan menimbulkan penurunan hasil produksi.

cara menaikkan ph tanah.JPG

Terhambatnya pertumbuhan tumbuhan juga dipengaruhi oleh nilai keasaman dari tanah (pH tanah) yang terlalu asam dan tidak ada unsur hara yang mencukupi serta kurangnya pasokan air yang didapat. Tanah yang asam adalah tanah yang memiliki nilai pH yang rendah dan biasanya terjadi di lahan gambut yang dimanfaatkan untuk pertanian.

Maka dari itu untuk mengetahui pH dan kelembaban pada tanah kita bisa mengukurnya dengan alat yang bernama Soil PH Meter. Alat ini sudah banyak diterapkan pada keperluan di bidang pertanian, perkebunan dan perhutani. Dengan pesatnya perkembangan alat ukur dan alat tester, di indonesia saat ini Soil PH Meter sudah banyak di jual di toko-toko online serta toko-toko offline yang menjual alat ukur dan alat tester.

Tanah yang memiliki pH rendah biasanya disebabkan karena berkurangnya kation kalsium, kalium, natrium dan magnesium. Unsur-unsur tersebut akan terbawa oleh air menuju ke lapisan yang lebih bawah atau hilang diserap oleh tanaman, karena ion-ion positif akan melekat pada kaloid tanah berkurang, sedangkan dengan kation membuat asam seperti hidrogen dan alumunium yang akan menggantikannya.

Sedangkan untuk mengatasi kemasaman tanah (pH tanah) yang tinggi bisa kita minimalisir dengan cara pengapuran. Cara ini merupakan cara untuk menaikkan nilai dari pH tanah, dan jika pH tanah dapat dinaikkan maka resiko keracunan terhadap alumunium dapat diminimalisir. Dan sebenarnya kita tidak harus bergantung dengan teknik pengapuran saja. Cara lain untuk menghemat budget kita yaitu dengan abu hasil ari pembakaran jerami atau pembakaran sekam, karena biasanya penggilingan padi membiarkan sekam dan jerami dan dibiarkan membusuk begitu saja.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s