Colorimeter adalah

Colorimeter adalah – Dizaman yang serba canggih dan cepat seperti saat ini, kemajuan teknologi dalam dunia industri pun semakin cepat pula berkembang. Baik dalam hal alat produksi ataupun dalam hal alat uji dan alat ukur.

color4

Banyak alat ukur yang diciptakan melalui teknologi yang canggih. Saat ini sebuah alat ukur sudah diciptakan,dengan teknologi yang semakin canggih dan banyak industri yang membutuhkan alat ukur tersebut, alat ukurnya yaitu Colorimeter.

Colorimeter ialah sebuah instrument alat pengukur warna yang sensitive terhadap cahaya yang diserap dari beberapa benda atau zat. Alat pengukur dan penguji warna ini dapat menentukan kualitas warna berdasarkan dari penggolongan warna biru, merah, dan warna hijau dari cahaya yang diserap oleh objek itu sendiri.

Pada saat cahaya melewati atau melalui medium, kemudian cahaya itu diserap dan cahaya yang melewati itu yang diserap oleh alat ini dan kemudian dijadikan sebagai hasilnya. ada penurunan seberapa banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh medium.

Hukum Beer-Lambert ini menjadi panutan hukum yang digunakan leh alat colorimeter ini untuk cara kerjanya, yang mengungkapkan bahwa penyerapan cahaya yang ditransmisikan melalui media berbanding lurus dengan konsentrasi medium.

prinsip kerja dasar dari alat ukur dan alat uji warna colorimeter ini dengan melewati panjang gelombang tertentu dari cahaya melalui solusi, lalu mengukur cahaya yang datang melalui sisi lain.Dengan tujuan untuk mengetahui konsentrasi sampel yang tidak diketahui.

beberapa contoh solusi di mana konsentrasi diketahui pertama kali dibuat dan diuji. lalu diplot pada grafik dengan konsentrasi pada absorbansi dan satu sumbu di sisi lain untuk membuat kurva kalibrasi.

ketika sampel yang belum diketahui diuji, hasilnya dibandingkan dengan sampel yang dikenal pada kurva untuk menentukan konsentrasi. Ada berapa jenis colorimeter yang secara otomatis akan membuat kurva kalibrasi yang didasarkan pada kalibrasi awal.

Dalam industri monitor atau industri televisi, alat ukur dan uji colorimeter ini bermanfaat untuk menganalisa kontras warna dan kecerahan pada layar monitor atau televisi, yang memungkinkan pengguna untuk kemudian menyesuaikan pengaturan untuk mendapatkan kualitas gambar yang terbaik.

Akan tetapi dalam industry percetakan. colorimeter digunakan untuk mengukur intensitas atau kualitas warna pada kertas yang telah dicetak, dan alat ini juga digunakan untuk menentukan kualitas warna tinta, apakah tinta dalam kualitas terbaik atau buruk.

Untuk mendapatkan alat ukur warna colorimeter ini, anda cukup mengunjungi website Alat Ukur Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s