Proses Aerobik dan Anaerobik

Proses Aerobik dan Anaerobik – Oksigen bermanfaat sangat penting untuk parameter kualitas air, dikarenakan oksigen yang terlarut air berperan pada reduksi serta oksidasi bahan organik serta anorganik. Selain berperan pada proses oksidasi, oksigen juga berperan untuk menentukan biologi yang dilakukan oleh organisme aerobik dan anaerobik. Proses aerobik oksigen yaitu peranan yang penting untuk proses oksidasi bahan organik dan anorganik yang akan memproduksi kesuburan pada perairan tersebut. Sedangkan proses anaerobik oksigen berperan sebagai reduksi senyawa kimia agar lebih sederhana dalam bentuk nutrien dan gas.

Proses aerobik dan anaerobik

Dissolved Oxygen (DO) adalah jumlah oksigen terlarut pada air dan berasal dari fotosintesis dan absorbsi atmosfer atau udara. DO pada perairan berperan penting dalam proses penyerapan makanan oleh makhluk hidup dalam air. Untuk mengamati kualitas air pada perairan bisa dilakukan dengan alat ukur oksigen terlarut. Alat ini bernama Dissolved Oxygen Meter, alat ini sudah di jual di berbagai perusahaan dan media-media online tentang alat ukur dan alat tester.

DO ini sebenarnya diperlukan oleh semua jasad renik untuk membantu pernafasan proses metabolisme, pertumbuhan dan perkembangbiakan. Tidak hanya jasad renik saja yang memerlukan oksigen, oksigen juga dibutuhkan sebagai oksidasi bahan organik dan anorganik pada proses aerobik. Proses difusi dari udara bebas dan fotosintesis organisme adalah sumber utama oksigen pada perairan.

Kandungan Dissolved Oxygen biasanya mempunyai nilai terkecil 2 ppm (part per milion) dalam kondisi normal dan tidak terkontaminasi dengan senyawa beracun lainnya atau seperti peraturan pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air yang menekankan bahwa kadar minimal pada air >2mg O2/lt. Untuk ukuran ideal oksigen terlarut tidak boleh kurang dari 1,7ppm sepanjang 8jam dengan sedikit tingkat kejenuhan sebesar 70%.

Keberadan oksigen diperairan amatlah penting, mengingat oksigen amat penting bagi kehidupan. Dan jika dilihat dari kepentingannya oksigen menempati urutan paling penting yang dibutuhkan seluruh makhluk hidup. Kekurangan oksigen dapat dialami karen terhalangnya difusi akibat stratifikasi salinitas yang terjadi. Rendahnya kandungan DO berakibat buruk pada kehidupan ikan dan lainnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s