Temperature Data Logger

Temperature Data Logger – Data logger adalah suatu alat elektronik yang fungsinya untuk mencatat data suhu dan kelembaban dari waktu kewaktu secara terus menerus atau continue.

data 2

Ada beberapa alat data logger yang menggunakan personal komputer dan software sebagai tempat penyimpanan data dan menganalisis data. Data yang sudah tersimpan di dalam hardisk dapat diakses kapanpun dan dimanapun ketika kita menginginkannya.

Hampir semua pabrik menganggap bahwa data logger yaitu sebuah perangkat alat ukur yang berdiri sendiri (standalone) device yang bisa membaca beraneka macam tipe sinyal elektronika dan menyimpan datanya di dalam memori internal kemudian di download ke komputer kita.

Pengertian lainnya dari data logger yaitu sebuah alat ukur elektronik yang berguna untuk mencatat suhu dan kelembaban di suatu tempat secara terus menerus atau continue. Secara singkatnya data logger yaitu alat yang berfungsi untuk melakukan pemantauan suhu dan kelembababn di daerah tertentu.

Umumnya ukuran fisik data logger ini memiliki ukuran yang kecil, portabel, bertenaga baterai, sudah dilengkapi dengan mikroprosesor dan mempunyai memori internal untuk menyimpan data dan senor.

Ada beberapa data logger suhu yang di antarmukakan dengan komputer dan menggunakan software untuk mengaktifkan alat ini dan melihat, menganalisis data yang terkumpul. Sementara yang lainnya memiliki peralatan antarmuka sendiri seperti keypad dan LCD.

alat uji Data logger suhu yang sudah berbasis PC biasanya digunakan untuk mengumpulkan data suhu dan kelembaban udara dalam rangka menganalisis dan menampilkan hasil datanya secara lebih detail.

Sistem pada data logger juga menyediakan fitur tambahan, yaitu perhitungan waktu proses pemantauan alarm dan kontrol. Pada data logger berbasis komputer memiliki evolusi lanjut yaitu SCADA (supervisory control and data acquisition).

Dimana dalam data logger tersebut, data disajikan dalam bentuk grafis sehingga mempermudah opeator untuk dapat mengawasi perkembangan suhu di daerah tersebut.

Salah satu keuntungan menggunakan alat ukur suhu dan kelembaban data logger tersebut ialah kemampuannya yang secara otomatis memonitor suhu dan kelembaban udara 24 jam full. Jika anda menginginkan untuk memiliki alat pengukur suhu dan kelembaban Data Logger ini, anda cukup mengunjungi website Alat Ukur Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s