Cara Menyuburkan Tanah Berpasir

Cara Menyuburkan Tanah Berpasir – Ciri khas tanah berpasir adalah butirannya yang tidak kompak dan mudah tercerai – berai. Selain itu kemampuan tanah berpasir dalam menyimpan air juga sangat buruk sehingga tanah jenis ini hampir tidak dapat digunakan untuk budidaya.

Cara Menyuburkan Tanah Berpasir

Tanah berpasir merupakan jenis tanah yang mengandung pasir hampir atau bahkan lebih dari 70% yang penyebarannya di Indonesia tidak seluas tanah liat. Tanah berpasir di negara kita umumnya hanya dijumpai di daerah gunung berapi dan daerah laut saja.

Butiran – butiran pasir yang kasar membuat rongga di antara butir – butir tanah menjadi besar, oleh karena itu membuat air dapat merembes pada tanah berpasir dengan cepat. Hal ini akan mengakibatkan tanah berpasir menjadi cepat kering karena kemampuannya dalam menyimpan air yang rendah.

Namun walaupun begitu, tanah berpasir akan membuat pertukaran udara di dalamnya menjadi mudah dan juga tidak akan lengket walalupun tanah ini basah.

Akan tetapi karena daya simpan air dan unsur haranya yang rendah membuat tanah berpasir kurang subur dibandingkan tanah liat. Oleh karena itu tanah berpasir sangat sulit untuk ditumbuhi oleh tanaman dan menjadikannya hampir tidak diminati untuk budidaya.

Untuk memperbaiki struktur tanah berpasir perlu untuk menambahkan bahan organik untuk mengatasi tanah berpasir yang mudah kering dan kurang subur. Penambahan pupuk kandang, kompos atau gambut sebagai bahan organik tambahan berfungsi untuk mengikat butiran – butiran pasir yang semula bercerai – berai agar dapat berkumpul dan membentuk gumpalan yang besar.

Hal ini akan membuat struktur tanah yang tadinya bercerai – berai menjadi beremah – remah dan juga dapat membantu meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air atau daya serap airnya meningkat.

Kompos atau pupuk kandang yang digunakan sebaiknya adalah yang telah matang yang mempunyai ciri – ciri berwarna hitam, tidak berbau dan beremah – remah. Penambahan bahan organik tersebut juga akan meningkatkan kesuburan tanah berpasar, untuk memastikannya Anda dapat mengujinya menggunakan soil pH meterJual pH Meter Tanah & Air

Alat tersebut dapat menguji tingkat kesuburan tanah dari berbagai aspek seperti pH tanah, kelembaban, suhu dan intensitas cahaya yang diterima tanah. Parameter – parameter tersebut merupakan indikator dari tingkat kesuburan tanah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s