Tips Memilih Sabun Cuci Tangan Yang Tepat

Tips Memilih Sabun Cuci Tangan Yang Tepat – Selama masa pandemi COVID-19, mencuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan untuk pencegahan penularan virus. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dan pemerintah Indonesia terus memberikan himbaan untuk rutin mencuci tangan dengan air mengalir.

Dengan rajin mencuci tangan, kamu dan keluarga bisa terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan seperti diare, cacingan, dan penyakit yg disebabkan oleh bakteri lainnya.

Karena penerapan kebiasaan mencuci tangan terus dilakukan, tentu sabun cuci tangan akan terus dicari. Ada banyak sekali produk cuci tangan yang beredar di pasaran.

Lalu, sabun seperti apa yang sebaiknya dipilih? Dan apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sabun cuci tangan yang tepat?

Jika masih bingung menentukan produk sabun cuci tangan yang tepat, berikut kami sajikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai panduan.

Cara Memilih Sabun Cuci Tangan yang Tepat

  1. Baca Komposisi Produk
    Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengecek kandungan produk dengan baik dan teliti sebelum membelinya.

Pada sabun cuci tangan biasanya mengandung Surfaktan. Surfaktan merupakan senyawa dalam produk pembersih yang berfungsi untuk membantu menghilangkan kotoran. Jenis surfaktan yang umum terkandung dalam produk sabun cuci tangan yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau Sodium Laureth Sulfate (SLES).

Kamu juga harus memastikan apakah sabun cuci tersebut mengandung pelembab seperti minyak kelapa, lidah buaya, minyak tumbuh-tumbuhan, cocoa butter, protein susu, vitamin E, gliserin dan lain sebagainya.

Apabila kulit kamu sensitif pada salah satu kandungan itu, ada baiknya cari opsi sabun cuci tangan yang lain.

  1. Gunakan Sabun Anti Bakteri
    Sabun berlabel antibakteri seperti sabun cleanzie mempunyai kandungan zat pembunuh kuman tambahan seperti benzalkonium klorida, benzethonium klorida, dan kloroksilenol.

Sabun bertanda antibakteri akan lebih aman kamu gunakan untuk membunuh segala jenis bakteri apalagi di masa virus COVIS-19 seperti ini.

  1. Perhatikan Kandungan Alergen
    Pada sebagian orang, setelah menggunakan satu jenis sabun cuci tangan bisa saja timbul ruam pada kulit tangan. Penyebab munculnya ruam tersebut adalah adanya alergi dengan kandungan alergen pada sabun.

Beberapa contoh komposisi sabun cuci tangan yang bisa menjadi alergen yaitu paraben, coconut Diethanolamide, sodium lauryl sulfate (SLS), serta bahan pemberi aroma dalam sabun.

  1. Jangan Hanya Melihat Dari Warna dan Aroma
    Saat akan membeli sabun cuci tangan tentu kita akan tertarik dengan warna dan aroma sabun. Tapi, jangan lupa pertimbangkan sabun cuci tangan yang tidak berwarna dan beraroma terlalu tajam.

Memilih sabun cuci tangan yang baik akan memberikan perlindungan lebih pada keluarga agar terhindar dari kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan menurut top1toto. Jadi, pastikan kamu memilih produk sabun cuci tangan yang benar-benar mampu memberikan manfaat efektif dan perlindungan ya!

Leave a comment