Pengertian Molekul Padat, Cair dan Gas

Pengertian Molekul padat, Cair dan Gas – Secara historis, bagian-bagian meteri dibedakan berdasarkan perbedaan sifat massal dan perbedaan kualitatif mereka. Padat adalah keadaan dimana materi mempertahankan bentuk yang tetap dan volume. Cair adalah keadaan dimana materi menyesuaikan bentuk wadahnya akan tetapi berbeda sedikit dengan volume. Dan gas adalah keadaan dimana materi mengembang untuk menempati seluruh bentuk wadah dan volumenya. Masing-masing materi tersebut akan dapat bertransisi langsung ke salah satu dari dua bagian materi yang linnya.

molekul

Molekul padat

Partikel padat adalah partikel yang dikemas erat secara bersama-sama. Kekuatan partikel ini cukup kuat sehingga partikel tidak bisa bergerak bebas dan mereka hanya bisa bergetar. Akirnya partikel padat lebih stabil, bentuk dan volumenya pasti. Padatan hanya bisa berubah apabila dibawah tekanan, seperti dipotong atau ketika rusak.

Contonya sebuah partikel padat dapat berubah menjadi molekul cair melalui proses peleburan. Dan cair dapat berubah menjadi padat melalui proses pembekuan. Padat juga bisa berubah menjadi gas melalui proses yang disebut sublimasi.

Molekul cairan

Partikel cair adalah partikel yang cairannya sesuai dengan bentuk wadah tetapi tetap independen volumenya dan tekanannya hamper tetap konsisten. Volume tidak akan berubah jika suhu dan tekanannya konstan. Ketika partikel padat dipanaskan di atas titik leleh dan kemudian menjadi cair karena tekanan lebih tinggi dari titik tripel substansi. Cairan juga tidak pasti, alias menyesuaikan dengan bentuk wadahnya. Partikel cair dapat dokinversi ke gas melalui pemanasan pada tekanan konstan ke titik didih zat atau melalui pengurangan tekanan pada suhu konstan. Proses perubahannya cair ke gas disebut penguapan.

Molekul gas

Molekul gas adalah molekul yang memiliki ikatan sangat lemah atau tidak memiliki ikatan sama sekali, sehingga mereka dapat bergerak cepat dan bebas. Oleh karena itu, bukan hanya sesuai dengan bentuk wadahnya, tetapi akan memperluas untuk sepenuhnya mengisi wadahnya.

Gas memiliki jenis dan fungsinya masing-masing. Ada gas yang berbahaya bagi tubuh dan gas yag tidak berbahaya. Apabila gas yang berbahaya terlalu sering masuk kedalam tubuh atau terhirup. Akan menyababkan penyakit berbahaya, bahkan sampai kanker. Biasnya dalam dunia industri ada beberapa molekul gas. Baik yang berbahaya dan yang tidak berbahaya.

Untuk mengatasi gas yang berbahaya tersebut anda bisa mengeluarkannya melalui alat yang bernama Vacump Pump. Alat tersebut sangat baik untuk mengeluarkan berbagai macam molekul-molekul gas dari ruangan yang tertutup. Anda bisa mendapatkan alat tersebut melalui website Alat Ukur Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s